Kami sudah menyediakan banyak Contoh Metodologi dan Strategi dan informasi untuk dibaca maupun di Downloads 1 dan di Downloads 2, tetapi supaya lebih banyak guru dapat bertahap-tahap mengarah ke metodologi pembelajaran yang lebih bermutu maupun lebih terfokus kepada perkembangan kemampuan, kreativitas, inovasi, dan kemandirian pelajar-pelajar kita (manusia), kami  ingin menjelaskan mengenai langkah-langkah yang dapat di-integrasikan  dalam metodologi yang sekarang tanpa menggangu proses pembelajaran dan  perencanaan yang sudah ada. 
Kunci-nya untuk mencapaikan mutu pendidikan yang Tingkat Dunia adalah Pembelajaran-Aktif (Student Centred) dan Kontekstual.
Kunci-nya untuk mencapaikan mutu pendidikan yang Tingkat Dunia adalah Pembelajaran-Aktif (Student Centred) dan Kontekstual.
Langkah Pertama: Lebih mengarahkan pembelajaran ke pelajar-pelajar sendiri. Daripada menyampaikan informasi saja (suap-suapkan), lebih  sering membagi tugas-nya ke pelajar-pelajar sendiri untuk membahas,  meneliti, dan mencari informasi atau solusi-nya sendiri (problem solving). 
Langkah Kedua:  Makin lama makin menggunakan lingungan sebagai sumber pembelajaran yang  kontekstual. Mengarahkan pembelajaran dan perencanaan untuk kegiatan  pembelajaran ke pelajar-pelajar sendiri. Lebih mengarah ke kemandirian dalam pembelajaran.  Sumber
-min.png) 

 
-min.png)