BNK Siak Penyuluhan Bahaya Narkoba di SMA Tualang

Edu Indonesia
Ketua Badan Narkotika Kabupaten Siak Drs H Alfedri MSi mengimbau kepada kalangan pelajar agar jangan sekali- kali memakai ataupun menggunakan narkoba.Karena jika telah terjebak narkoba maka akan merusak masa depan.

" Oleh karena itu,pelajar jangan coba-coba mendekati narkoba, jika telah tergantungan narkoba maka akan menimbulkan ketidak sadaran diri,karena narkoba akan merusak jaringan tubuh," ujar Alfedri yang juga Wabup Siak di hadapan pelajar SMAN 1 Kecamatan Tualang diaula serbaguna sekolah,Senin (28/1).
Hadir pada kesempatan tersebut di SMAN 1 Camat Tualang diwakili Sekcam Tualang Zalik Efenddi , Kepala UPTD Pendidikan Zahroni, Kepala Sekolah SMAN 1 Tualang Drs Lahadi..

Alfedri mengatakan Pemerintah Kabupaten Siak terus berkomitmen memberantas penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan generasi muda.Hal ini terkait dengan upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing, sebagai visi pembangunan Kabupaten Siak, harus diawali dengan terwujudnya generasi muda yang berkualitas. Pemkab Siak lebih menekankan pada upaya pencegahan terhadap narkoba daripada upaya rehabilitasi korban narkoba, sehingga aktivitas pemberantasan narkoba diarahkan untuk mencegah masyarakat, khususnya generasi muda dari bahaya narkoba
.
"Oleh karena itu,saya meminta kepada pelajar untuk menjauhi narkoba dan ngelam.Sebab dikalangan pelajar Perawang ada yang menggunakan ngelam,bahayanya sama dengan narkoba,maka jauhilah yang dapat merusak masa depan ,"imbaunya.

Alfedri menambahkan bahwa narkoba juga dapat terjangkit HIV/AIDS,karena penyakit tersebut bisa melalui jarum suntik.Begitu juga,agar pelajar untuk tidak merokok karena rokok juga merupakan bagian yang akan membawa secara perlahan untuk tertarik dengan narkoba. Apalagi untuk saat ini sudah ada larangan merokok terutama di tempat umum.

" Ini tentunya merupakan pertanda bahwa merokok adalah tidak sehat baik bagi perokok maupun orang disekitarnya ,"ungkap Alfedri.
Disamping itu, BNK Siak juga telah menfasilitasi korban penyalahgunaan narkoba untuk direhabilitasi. Selain itu kegiatan ini juga diisi oleh penyuluhan langsung oleh tanaga penyuluh dari BNK kabupaten Siak serta penyuluhan dengan pendekatan agama melalui ceramah agama, penyuluhan dari kejaksaan negeri Siak dan dari BNK Siak sendiri.
Pada kesempatan ini,Alfedri memberikan tanya jawab kepada pelajar berkisar pada sejarah kerajaan Siak.Terlihat para pelajar begitu antusia mencoba menjawab bertanyaan yang diajukan. (wik)

Adm