Pegawai Dituntut Loyal dan Disiplin

yatno id
0
BENGKALIS(DP)-Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, Rabu (15/2) malam mengambil sumpah dan janji bagi 572 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Acara yang digelar di Gedung Che Puan tersebut sekaligus penyerahan SK PNS. Bupati mengatakan PNS dituntut loyal dan terus meningkatkan profesional serta disiplin kerja. Hal ini penting, karena PNS sebagai pelayan masyarakat harus memberikan pelayanan prima dan maksimal. “Saya tekankan agar PNS loyal, danitu yang nomor satu. Selalu profesional dan tingkatkan disiplin. Jangan malas dalam bertugas, karena dari data lapangan banyak pegawai rajin sebelum diangkat menjadi PNS. Namun setelah diangkat, mulai bermalas-malasan,” tegasnya.

Sebanyak 572 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis formasi umum dan honorer tahun 2009 diangkat menjadi PNS. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Bengkalis Jamal Abdillah, Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno, Sekretaris Daerah H Asmaran Hasan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Eri Nasrizal dan sejumlah pejabat eselon II dan tiga.
Secara rinci CPNS yang diangkat menjadi PNS pada tahun ini terdiri dari golongan III sebanyak 370 orang, golongan II sebanyak 160 dan golongan I sebanyak 42 orang. Para PNS dari formasi tenaga guru sebanyak 188 orang, tenaga administrasi sebanyak 316 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 68 orang.
Diungkapkan Herliyan lagi, pengambilan sumpah/janji merupakan amanat undang-undang. Setiap CPNS saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji dihadapan pejabat yang berwenang menurut agama/kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
“Pelaksanaan sumpah/janji ini sejalan dengan semangat reformasi dalam rangka pendayagunaan aparatur negara dengan mengedepankan prinsip good governance dan clean goverment. Disamping itu diharapkan mampu menyediakan pelayanan prima, sebagaimana harapan masyarakat,” ujarnya.
Herliyan Saleh juga meminta agar PNS memahami dan mengerti apa tugas pokok dan fungsinya. Jangan sampai meninggalkan tugas pokok yang sudah menjadi kewajibannya. Intinya selama bertugas jangan berpikiran yang macam-macam tetapi laksanakan tugas sesuai tupoksi dan perintah atasan.
“Bekerjalah dengan moralitas, karena dalam menjalankan tugas pokok sehari-hari seorang PNS diatur dengan berbagai etika profesi yang dicantum dalam peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai,” tandasnya.
Lebih lanjut dia menegaskan, agar PNS meningkatkan ilmu pengetahuan, handal, terampil, profesional, kreatif, inovatif disiplin, berbudaya. Kemudian beretos kerja dan berkinerja tinggi, bermoral baik, mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
Bupati menyampaikan beberapa hal yang harus menjadi perhatian PNS. Bagi PNS yang bertugas di kantor camat, UPTD dan kelurahan, agar berkerja keras menyukseskan dan mensosialisasikan program, seperti program e-KTP.
Bagi para guru, diimbau harus selalu semangat dalam mengabdi, disiplin dan selalu bekerja keras, berusaha meningkatkan kualitas mengajar serta mutu pendidikan, sehingga mampu melahirkan sumber daya manusia yang cerdas, berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi.
‘’Demikian pula bagi PNS yang bertugas di rumah sakit, Puskesmas, Pustu dan Polindes juga diharapkan senantiasa meningkatkan profesionalitas, disiplin, ikhlas dalam melayani agar terwujud masyarakat Kabupaten Bengkalis selalu sehat,’’ harapnya.(des) Sumber Dumai Pos.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)